BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Peningkatan kualitas
sumber daya menusia merupakan prasyarat mutlak untuk mencapai tujuan
pembangunan. Salah satu wahana untuk meningkatkan kualitas SDM tersebut adalah
pendidikan sehingga kualitas pendidikan harus senantiasa ditingkatkan termasuk
peningkatan kualitas pendidikan di SD Negeri 2 Kalaparea Kecamatan Nagrak Kabupaten Sukabumi.
Sejalan dengan tuntutan
dan kebutuhan masyarakat terhadap pendidikan anaknya, sekolah ini memerlukan
peningkatan dan pengembangan dalam berbagai aspek, misalnya dalam hal
kesiswaan, kurikulum dan kegiatan pembelajaran, pendidik dan tenaga
kependidikan serta pengembangannya, sarana dan prasaran, keuangan dan
pembiayaan, budaya dan lingkungan sekolah, peran serta masyarakat dan kemitraan,
dalam pendidikan, serta lain-lain.Berdasarkan kondisi tersebut, maka perlu
kiranya dilakukan upaya penyusunan Rencana Kerja Tahunan Sekolah (RKTS) agar
sekolah memiliki rambu-rambu yang bisa dijadikan landasan dalam pengelolaan
program, implementasi, memonitoring dan evaluasi yang baik, terstruktur dan
terukur.
Rencana Kerja Tahunan SD
Negeri 2 Kalaparea tahun 2014/2015 ini disusun bardasarkan :
1.
Hasilmonitoring dan evaluasi pelaksanaan RKAS tahun 2013/2014
2.
Pelaksanaanrencana program dan kegiatan RKS tahun 2014/2015
3.
Disesuaikandengan Permendiknas No. 19 tahun 2007 tentang
Rencan Kerja Tahunan Sekolah (RKTS) yang dinyatakan dalam Rencana Kegiatan
Anggaran Sekolah (RKAS). Berkaitan dengan uraian di atas, maka RKTS ini memuat
pendahuluan, profil, harapan program kerja tahunan sekolah, rencana anggaran
sekolah, dan penutup.
B. Tujuan Penyusunan RKTS
Pada dasarnya tujuan penyusunan RKTS ini adalah :
1.
Membantu sekolah dalam membelanjakan anggaran secara
bijaksana untuk meningkatkan kualitas pendidikan dalam satu tahun.
2.
Membantu sekolah dalam merespon tuntutan partisipasi
masyarakat, dan
3.
Membantu sekolah dalam meningkatkan ketrbukaan dan
akuntabilitas.
c. Manfaat RKTS
Manfaat RKTS ini dapat diuraikan sebagai berikut :
1.
Sebagai acuan bagi sekolah untuk mencapai terget-target
peningkatan kualitan pendidikan yang akan dicapai dalam jangka pendek.
2.
Dapat digunakan sebagai panduan bagi sekolah dalam
memanfaatkan subssdi baik subsidi dari pemerintah maupun dari nanpemerintah.
3.
Sebagai sumber inspirasi bagi seluruh warga sekolah dalam
meningkatkan kualitas pendidikan dan pembelajaran, dan
4.
Sebagai tolak ukur bagi keberhasilan implementasi
berbagai program peningkatan mutu pendidikan di sekolah.
D.
Landasan Hukum
1.
Undang-undang No.20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan
Nasional Pasal 4 (pengelolaan dan pendidikan berdasar pada prinsip keadilan,
efesiensi, transparansi dan akuntabilitas publik).
2.
Peraturan Pemerintah No.19 Tahun 2005 tentang Standar
Nasional Pendidikan pasal 53 (Setiap satuan pendidikan dikelola atas dasar
rencana kerja tahunan yang merupakan penjabaran rinci dari rencana verja jangka
menengah satuan pendidikan yang meliputi masa
4 tahun.
3.
Permendiknas No. 19 Tahun 2007 tentang Stándar
Pengelolaan Pendidikan dinyatakan bahwa sekolah/madrasah membuat (1) Rencana
Kerja Jangka Menengah yang menggambarkan tujuan yang akan ingin dicapai dalam
kurun waktu 4 tahun yang berkaitan dengan mutu lulusan yang ingin dicapai dan
perbaikan komponen yang mendukung peningkatan mutu
lulusan dan (2) Rencana Kerja Tahunan yang dinyatakan dalam Rencana Kegiatan
dan anggaran sekolah/ Madrasah (RKAS) dilaksanakaan berdasarkan Rencana Kerja
jangka menengah.
E.
Proses Penyusunan RKTS
MONITORING
I PertengahSmt I
|
UPDATE
RKAS
|
Monitoring
2
AkhirSmt
I
|
Monitoring
3
AkhirSmt
II
|
EVALUASI
|
RKTS
BAB II
PROGRAM KERJA TAHUNAN
SEKOLAH (RKTS)
Dalam menyusun program kerja tahunan sekolah ini meliputi
dua kegitan, yaitu
1.
Merumuskan program sekolah yang dilakukan melalui empat
langkah :
a.
Menetapkansasaran
b.
Merumuskanprogram dan menetapkan penanggung jawab program
c.
Menentukanindikator keberhasilan, dan
d.
Menentukankegiatan, dan
2.
Menyusunjadwal kegiatan.
Berdasakan uraian di atas
maka di bawah ini akan diuraikan tentang :
1.
Program Kerja Tahunan Sekolah (RKTS) SD Negeri 2 Kalaparea Tahun Pelajaran 2014/2015
yang terdiri dari sasaran, program, indikator, kegiatan dan penanggung jawab.
2.
Jadwal Kegiatan Rencana Kerja Tahunan Sekolah Tahun
Pelajaran 2014/2015.
BAB III
RENCANA ANGGARAN SEKOLAH
Dalam menyusun Rencana Anggaran Sekolah Telah dilakukan
kegiatan-kegiatan yaitu :
1.
MenyusunRencanaBiaya
2.
Menghitungrencanabiaya dan pendanaan
3.
MenyesuaikanRencanaBiayadengansumberPendanaan dan
4.
MenyusunRencanaKegiatan dan AnggaranSekolah (RKAS)
Berkaitandenganhaldiatas,
makadalamRencanaAnggaranSekolahiniakandiuraikan :
1.
Rencanabiaya dan SumberPendanaan SD Negeri 2 Kalapareatahunpelajaran2014/2015
2.
RencanaKegiatan dan AnggaranSekolahTahun2014/2015
BAB IV
PENUTUP
Rencana Kerja Tahunan
Sekolah (RKTS) SD Negeri 2 Kalaparea Kabupaten
Sukabumi ini merupakan dokumen
perencanaan jangka pendek yang disusun berdasarkan dokumen perencanaan jangka
menengah 4 tahun untuk meningkatkan mutu pendidikan di sekolah. Rencana Kerja
Tahunan Sekolah ini memuat semua program/ kegiatan yang akan dilaksanakan pada
tahun 2014/2015, baik yang bersifat strategis maupun yang bersifat rutin.
satilu
satilu
Dari hasil monitoring dan
evaluasi pelaksanaan program/kegiatan tahun 2013/2014 dan hasil kesepakatan para pemangku kepentingan di SD
Negeri 2 Kalaparea, maka perencanaan program/kegiatan strategis yang akan
dikembangkan pada tahun 2014/2015 adalah :
1.
Kesiswaan
2.
Kurikulum dan Kegiatan Pembelajaran
3.
Sarana dan Prasarana
4.
Keuangan dan Pembiayaan
5.
Pendidik dan Tenaga Kependidikan
6.
Budaya dan Lingkungan
7.
Peran Serta Masyarakat dan Kemitraan.
Dengan adanya RKTS ini
sekolah akan lebih mudah melaksanakan pengelolaan
program/kegiatan,Implementasi, Monitoring, dan Evaluasi yang baik,terstruktur
dan terukur dalam upaya peningkatan mutu pendidikan di SD Negeri 2 Kalaparea. Namun demikian,
keberhasilan pelaksanaan Rencana Kerja Tahunan ini tergantung dari partisipasi
semua takeholder di SD Negeri 2 Kalaparea.